Pages

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Labels

Mengenai Saya

Foto saya
smw itu bsa d lkukan asal ada kmauan dan smw bsa d cpai asal ada usaha

lalala

online counter

Lencana Facebook

video super junior A-CHA

Cari Blog Ini

guestbook


ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Rabu, 14 September 2011

sholat Id

Shalat Ied
SHALAT Ied juga diselenggarakan di kantor perwakilan RI, KBRI atau KJRI, atau di wisma duta, terutama di negara-negara yang banyak masyarakat Indonesianya seperti di Malaysia dan di negara-negara Timur Tengah.  Di negara-negara lain selalu terdapat mesjid raya di ibukota yang juga menjadi otoritas Muslim setempat.  Di sini juga diselenggarakan shalat Ied dengan jadwal yang telah diberitahukan sehari sebelumnya.
KBRI dan KJRI mengadakan lebaran setelah mendapat pengumuman dari otoritas Muslim setempat.  KBRI dan KJRI tidak mendasarkan waktu lebaran pada tanggal resmi yang ditetapkan oleh Menteri Agama R.I.
Para otoritas Muslim yang berada di negara-negara Amerika atau Eropa di mana Islam bukan menjadi masyarakat minoritas mendengarkan informasi tentang hari lebaran dari Masjidil Haram atau otoritas Islam di Saudi Arabia.
Maka, pada tahun ini lebaran dirayakan di seluruh KBRI dan KJRI karena otoritas Muslim setempat, berdasarkan penetapan dari Saudi Arabia, menyelenggarakan shalat Ied dan hari raya Islam itu pada hari ini, Selasa, 30 Agustus.
Tidak ada masalah bahwa di sekitar 210 perwakilan R.I. di luar negeri mereka melaksanakan idul fitri berbedadengan  jadwal di instansi induknya di Kementerian Luar Negeri di Jakarta yang tunduk pada keputusan Menteri Agama R.I.
Tidak masalah, karena memang diinstruksikan kepada seluruh KBRI dan KJRI untuk mematuhi arahan otoritas setempat, terutama dalam hal-hal hari libur dan hari keagamaan.
Shalat Ied dselenggarakan di mesjid dimulai jam 09.00 pagi, dipimpin oleh imam yang menyampaikan khotbah dalam bahasa Arab, atau dalam bahasa setempat.  Memang, para WNI tidak semua yang mengerti bahasa Arab atau memahami dengan baik bahasa lokal.  Tetapi kami dengan hikmat mengikuti khotbah itu.
Hal yang terakhir berkaitan dengan Idul Fitri adalah pembayaran zakat.  Biasanya zakat dikoordinir dari Kementerian Luar Negeri. Tetapi tidak mutlak, karena keluarga Muslim di KBRI dan KJRI boleh juga membayar zakatnya melalui mesjid atau panitia yang telah ditunjuk oleh otoritas Muslim setempat.  Lazimnya orang membayar zakat ketika mesjid setempat mengadakan takbiran menyambut idul fitri di keesokan harinya.
Pokoknya, Ramadhan dan Idul Fitri di luar negeri tidak kurang meriah dan serunya dibanding dengan perayaan di tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar